• Breaking News

    Hebat, Jokowi Pastikan 5.293 Bangunan Di Lombok Sudah Di Perbaiki Pasca Gempa

    Jokowi Pastikan 5.293 Bangunan Di Lombok Sudah Di Perbaiki Pasca Gempa


    Dalam apel siaga NTB Bangun Kembali, di Lapangan Bola Gunung Sari, Lombok Barat, Presiden Joko Widodo menyampaikan sudah ada 5.293 rumah yang mulai dibangun lagi, terhitung sejak Minggu, 2 September 2018.

    Penjelasan ini disampaikan Presiden di hadapan sekira 2.250 relawan dari berbagai unsur, yang turut membantu rekonstruksi Lombok akibat gempa. Seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan persnya, tahapan tanggap darurat telah berlalu.

    Saat ini mulai dilakukan tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi kembali NTB. Tahapan pertama yang ingin dikerjakan adalah yang berkaitan dengan fasilitas publik seperti pasar, puskesmas, sekolah, serta masjid dan musala.

    "Kemarin saya melihat beberapa sudah mulai dikerjakan yang dikomandani oleh Kementerian PUPR," kata Presiden Jokowi.

    Presiden Jokowi juga telah menyerahkan bantuan secara langsung untuk rekonstruksi rumah masyarakat. Apakah itu rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan sebanyak 5.293 rumah.

    "Semuanya memang perlu dilihat di lapangan, diverifikasi. Untuk dipastikan bahwa memang bantuan itu harus diberikan memerlukan waktu. Oleh sebab itu kemarin baru 5.293 (rumah)," katanya.

    Jokowi berharap, relawan dan semua pihak yang ada, turut membantu proses rekonstruksi itu. Serta tetap berharap, rumah yang dibangun tahan gempa, mengingat NTB terutama Lombok, pernah diguncang gempa besar pada 1979.

    "Karena kita tahu di NTB ini adalah masuk dalam ring of fire, masuk dalam lingkaran cincin api, yang kita tahu tahun 1979 di sini pernah terjadi gempa besar juga," katanya.

    Jokowi memastikan, pembangunan kembali Lombok akan dikerjakan dengan dikomandoi pemerintah pusat. Hal itu sudah tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2018, yakni rehabilitasi dan rekonstruksi akan dipimpin langsung oleh Kementerian PUPR.

    "Saya akan pantau terus, akan saya cek terus, agar NTB segera normal kembali, pulih kembali, aktivitas ekonomi dan kehidupan sehari-hari bisa berjalan kembali dengan baik," ujarnya.

    Tak lupa, Jokowi memberikan apresiasinya kepada seluruh jajaran TNI/Polri, seluruh relawan, relawan mandiri, relawan dari BUMN, universitas, LSM, dari pemerintah daerah, serta seluruh jajaran PNS yang telah memberikan tenaga dan pikirannya.

    No comments

    iklan

    TesTer