• Breaking News

    5 Wilayah di Indonesia Timur Memiliki Potensi Migas Skala Besar

    5 Wilayah di Indonesia Timur Memiliki Potensi Migas Skala Besar

    Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan lima wilayah kerja minyak dan gas bumi (Migas) untuk dilakukan eksplorasi lanjutan. Lima wilayah kerja itu berpotensi memiliki cadangan migas dengan skala besar.

    Wilayah itu yakni Blok Selaru (Cekungan Aru-Tanimbar), Blok Arafura Selatan (Cekungan Arafura), Blok Boka (Cekungan Akimeugah), Blok Atsy (Cekungan Sahul) dan Blok Agats Barat (Cekungan Sahul).

    Melihat potensi itu, Badan Geologi merekomendasikan pelaku usaha untuk segera mengeksplorasi lapangan tersebut.

    Rekomendasi tersebut diberikan berdasarkan survei umum geologi minyak dan gas (migas) terhadap 30 cekungan dari tahun 2010-2018. Survei ini meliputi Survei Cekungan (43 lokasi), Shale Gas (6 lokasi), Rembesan mikro (5 lokasi), Seismik 2D (8 lokasi), serta Passive Seismic Tomography (PST) (empat lokasi).

    Dari kegiatan ini dihasilkan sebanyak 36 rekomendasi Wilayah Kerja (WK) Migas yang dikeluarkan dari tahun 2015-2018. Survei tersebut dilakukan oleh Badan Geologi menggunakan data-data meliputi seismik 2D, Passive Seismic Tomography (PST), rembesan mikro, penelitian GnG, serta metode lainnya.

    Potensi pada area-area yang direkomendasikan oleh Badan Geologi perlu dilakukan eksplorasi lanjutan yang lebih detil agar bisa menjadi kunci bagi peningkatan jumlah cadangan migas terbukti Indonesia di masa mendatang.

    Indonesia saat ini memiliki 128 cekungan sedimen di mana 74 cekungan sedimen atau 58 persen di antaranya belum dieksplorasi. Cekungan yang belum dieksplorasi tersebut sebagian besar berada di Kawasan Timur Indonesia baik di darat (onshore) maupun lapas pantai (offshore).

    Sementara, 54 cekungan atau 42 persen sudah dieksplorasi yang terdiri dari 18 cekungan sudah produksi, 12 cekungan sudah dibor dan ditemukan minyak, dan 24 cekungan sudah dibor tetapi tidak ditemukan minyak.

    No comments

    iklan

    TesTer