• Breaking News

    Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah Untuk Warga Jak-ut

    Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah Untuk Warga Jak-ut
    Sebanyak 10 ribu sertifikat tanah dibagikan Presiden Joko Widodo untuk warga Jakarta Utara. Pembagian ini dilakukan di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Marunda, Jakarta Utara.

    Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 7 juta sertifikat tanah bisa sampai ke masyarakat untuk tahun ini. Sedangkan pada 2019 mendatang, dia menargetkan 9 juta sertifikat lagi.

    "Harus keluar dari kantor kantor BPN yang ada di kabupaten kota provinsi, semua harus keluar," kata Jokowi saat acara pembagian sertifikat di Marunda, Jakarta Utara, Rabu (17/10).

    Menurut Jokowi, sertifikat tanah merupakan tanda bukti kepemilikan tanah atau lahan bagi masyarakat. Dia berharap dengan adanya sertifikat ini bisa menghindarkan dari kasus sengketa tanah dan lahan.

    "Sertifikat ini tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki menjadi jelas. Namanya sengketa di mana-mana, sedih saya. Antara tetangga dengan tetangga antara masyarakat dengan pemerintah antara masyarakat dengan BUMN antara masyarakat dengan perusahaan banyak sekali," terang Jokowi.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menitipkan pesan kepada para warga yang menerima sertifikat tanah. Yang pertama, kata dia, yang sudah mendapatkan sertifikat tanah untuk dijaga dengan baik. Misalnya sertifikat diberikan plastik agar tidak mudah rusak.

    "Kemudian jangan lupa difotokopi. Kalau sertifikat yang aslinya hilang nanti difotokopi ini mudah ngurusya ke BPN," ucapnya.

    Kemudian, Jokowi juga mengingatkan masyarakat yang ingin menggadaikan sertifikatnya untuk berhati-hati. Sebaiknya, uang hasil menggadaikan sertifikat digunakan untuk modal usaha.

    "Hati-hati kalau mau pinjam uang ke bank. Tolong dihitung, tolong dikalkulasi, bisa mengangsur enggak setiap bulannya," tandasnya.

    No comments

    iklan

    TesTer