• Breaking News

    Waw! Bapenas Fasilitasi Proyek Infrastruktur Senilai Rp 47 Triliun!

    Waw! Bapenas Fasilitasi Proyek Infrastruktur Senilai Rp 47 Triliun!

    Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghadiri serangkaian penandatanganan fasilitas kerjasama investasi pada proyek-proyek di bidang energi terbarukan, perkebunan serta jalan tol yang merupakan bagian dari pengembangan sektor-sektor prioritas yang dilaksanakan di Hotel Nikko Bali Benoa, Nusa Dua, Bali, Sabtu ini.

    Pertemuan tersebut diadakan di sela 2018 International Monetary Fund-World Bank Group Annual Meetings yang dlselenggenkon 8-16 Oktober 2018.

    Pembiayaan proyek-proyek ini difasilitasi Pembiayaan lnvestasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) Center for Private Investment atau yang juga dikenal dengan PINA Center Bappenas, entitas di bawah kementerian PPN/Bappenas. Beberapa di antara proyek-proyek yang dibahas dalam pertemuan tersebut telah mencapai financial closing.

    Terdiri dari dua kesepakatan kerja sama di bidang energi terbarukan dengan nilai sebesar Rp590 miliar, satu kesepakatan kerja sama di bidang perkebunan dengan total nilai mecapai Rp2 triliun rupiah, serta tiga kesepakatan kerja sama pengembangan Jalan tol dengan perkiraan totaI nilai Rp44,5 triliun. 

    "Projek ini bukan lagi rencana atau wacana. Ini yang akan dikerjakan, jadi sudah kongkret dan pasti yang beberapa sudah operasi tahun depan. Kita sudah menginjak realitas," kata Bambang, saat membuka acara penandatanganan.

    Secara rinci, proyek-proyek yang ditanda tangani, yaitu kerja sama antara PT Nusantara lnfrastucture Tbk, melalui anak perusahaannya, PT Energi Infrastruktur dan PT Carpediem Elektrikal Nusantara dengan perkiraan nilai investasi senilai Rp290 miliar.

    PT Energi Infrastruktur menyatakan kesediaan awal untuk membiayai pembangunan fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di Kalimantan Barat yang diprakarsai oleh PT Carpediem Elektrikal Nusantara.

    Kemudian, Preliminary Investment Agreement antara PINA Center Bappenas bersama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan anak perusahaan dengan PT PNM Investment Management dalam rangka restrukturisasi perusahaan dan pengembangan lnfrastruktur perkebunan di lingkungan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan anak perusahaannya.

    Selanjutnya, Preliminary Investment Agreement antara PINA Center Bappenas bersama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan Anak Perusahaan dengan PT PNM Investment Management dalam rangka restrukturisasi perusahaan dan pengembangan lnfrastruktur perkebunan di lingkungan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan Anak Perusahaan.

    Kerja sama ini menguatkan sinergi antara Pemerintah dan BUMN khususnya dalam mendukung penyaluran dana investasi dari Perusahaan BUMN yang bergerak di sektor keuangan dan berkontribusi menggerakkan Juga mengoptimalkan sektor riil melalui BUMN Perkebunan.

    Dalam kerja sama ini, PT PNM Investment Management memberikan komitmen menerbitkan Reksa Dana Penyertaan Terbatas atas Surat Utang Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) yang akan diterbitkan dengan nilai sampai dengan Rp 2 triliun.

    No comments

    iklan

    TesTer